RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester : X / Genap
Pokok Bahasan : Tenis Meja
Sub Pokok Bahasan : Servis Forehand dan Backhand
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan : 1 (satu)
2.Standar Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
3.Kompetensi Dasar
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan tepat dan lancar serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, berbagi tempat dan peralatan
4.Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bet untuk servis, pukulan backhand dengan benar
2. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bet untuk servis, pukulan forehand dan dengan benar
3. Bermain tenis meja dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
5.Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bet untuk servis, pukulan forehand dengan benar
2. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bet untuk servis, pukulan backhand dengan benar
3. Siswa dapat bermain tenis meja dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
6. Materi Pembelajaran
Permainan Tenis Meja
1. Teknik dasar memegang bet untuk servis, pukulan forehand dengan benar
2. Teknik dasar memegang bet untuk servis, pukulan backhand dengan benar
3. Bermain tenis meja dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
7. Alokasi Waktu Materi
No.
|
Materi
|
Waktu
|
1
|
Teknik dasar forehand
|
15 menit
|
2
|
Teknik dasar backhand
|
15 menit
|
3
|
Bermain tenis meja dengan dimodifikasi
|
20 menit
|
8. Metode Pembelajaran
No.
|
Materi
|
Metode
|
1
|
Teknik dasar forehand
|
Demonstrasi dan penugasan
|
2
|
Teknik dasar backhand
|
Demonstrasi dan penugasan
|
3
|
Bermain tenis meja dengan dimodifikasi
|
Latihan dan penugasan
|
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
· Preparasi/persiapan
§ Siswa di bariskan
§ Mengabsen siswa
§ Pemanasan dan berdoa
· Apresiasi tidak ada
· Motivasi
Menjelaskan manfaat dari permainan tenis meja
Inti Pembelajaran (70 Menit)
a. Eksplorasi (10 Menit)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Mempraktekkan teknik dasar memegang bet untuk servis, pukulan forehand dengan benar
2. Mempraktekkan teknik dasar memegang bet untuk servis, pukulan backhand dengan benar
3. Menjelaskan cara bermain tenis meja dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
b. Elaborasi (50 Menit)
1. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bet untuk servis, pukulan backhand dengan benar
2. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bet untuk servis, pukulan forehand dan dengan benar
3. Bermain tenis meja dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi
Gambar : Bermain dengan peraturan modifikasi
c. Konfirmasi (10 Menit)
· Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
· Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan
· Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran (10 Menit)
· Motivasi
Memberikan Pujian kepada siswa yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
· Preparasi
§ Memberikan kesempatan untuk bertanya
§ Memberi rangkuman
§ Memberi penjelasan singkat tentang materi
§ Siswa melakukan pendinginan
§ Berdoa
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |
Aspek Psikomotor
Aspek Kognitif
Aspek Afektif
· Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
|
Tes
praktik
(Kinerja)
Tes
tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Tes tertulis/lisan
Lembar observasi
|
Lakukan variasi dan Kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang ba-ik
Sebutkan bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar pukulan forehand dan backhand !.
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, dan menghargai lawan !.
|
1. Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan teknik dasar memegang bet forehand dan backhand untuk melakukan pukulan dan servis
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 100
Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Mainkan permainan tenis meja dengan peraturan yang telah dimodifikasi. Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 100
Jumlah skor maksimal
- Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 100
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
|
Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN TENIS MEJA
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
Variasi dan Kombinasi Pukulan/Servis Forehand secara Konsisten
1 Posisi awal tangan memegang bet seperti berjabatan tangan dan posisi awal kaki dibuka selebar bahu (melangkah)
2 Gerakan lengan melakukan pukulan forehand/servis mengayun bet kearah bola dan posisi lengan menghadap arah gerakan
3 Posisi awal tangan memegang bet seperti berjabatan tangan dan posisi awal kaki dibuka selebar bahu (melangkah)
4 Gerakan lengan melakukan pukulan forehand/servis mengayun bet kearah bola dan posisi lengan membelakangi arah gerakan
| ||||
JUMLAH
| ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN TENIS MEJA
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1. Bekerja sama dengan teman
| |
2. Mentaati peraturan
| |
3. Menghormati wasit
| |
4. Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain
| |
JUMLAH
| |
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 4
|
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN TENIIS MEJA
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
1. Bagaimana posisi awal kaki saat kamu melakukan pukulan/servis forehand dan backhand ?
2. Bagaimana posisi tangan yang benar pada saat melakukan pukulan/servis forehand?
3. Bagaimana posisi tangan yang benar pada saat melakukan pukulan/servis backhand ?
| ||||
JUMLAH
| ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12
|
11. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Bola, Net, Tiang, Bet,
- Buku teks
- Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X,
- Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Mengetahui Guru
Kepala Sekolah Mata Pelajaran
(………………………………) (………………………………)
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar