RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
|
: Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ketapang
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas / Semester
|
: VIII
/ Ganjil
|
Pertemuan ke
|
: 1
|
Alokasi Waktu
|
: 2 x 40 menit
|
Standar Kompetensi : Mempraktikan berbagai teknik dasar
permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : Mempraktikkan
teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar
lanjutan dengan koordinasi yang
baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Indikator :
·
Melakuan teknik dasar servis atau sepak mula pada sepak takraw dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok.
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan
toleransi.
A. Tujuan
Pembelajaran:
1. Siswa dapat melakukan
gerakan servis atau sepak mula pada
sepak takraw dengan
koordinasi yang baik secara berpasangan atau berkelompok.
2. Melatih keberanian
dan percaya diri.
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi Ajar
(Materi Pokok):
Sepak Mula
(servis) dilakukan ketika akan memulai permainan dengan tujuan untuk mencari
poin. Sepak mula dilakukan oleh satu pemain yang berada ditengah. Cara
melakukannya adalah sebagai berikut :
1.
Pemain yang melakukan servis dinamakan Tekong.
2.
Pemain yang berada ditepi, mem-Passing bola
(melempar dengan tangan) ke pemain Tekong, tinggi bola kira – kira setinggi
lutut.
3.
Tekong menendang bola ke seberang net.
4.
Tendanglah bola ke arah yang sulit terjangkau
pemain lawan.
C.
Metode Pembelajaran:
§ Ceramah
§ Demonstrasi
§ Praktek
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Awal:
F
Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F
Mengecek kehadiran siswa
F
Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F
Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada
kegiatan inti
F
Mendemonstrasikan materi inti yang akan
dilakukan/dipelajari
F
Memberi motivasi awal
- Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melakukan gerakan servis atau sepak mula pada sepak takraw
F
Melakukan gerakan servis atau sepak mula pada sepak takraw tanpa bola dengan hitungan di setiap
gerakan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memfasilitasi peserta didik
dengan sarana yaitu bola takraw dan net
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari
guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F
Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan-
gerakan
F
Memberi motivasi akhir
F
Melakukan gerakan pendinginan
F
Berdo’a
F
Membubarkan barisan
E.
Alat dan Sumber Belajar:
§ Bola takraw
§ Net
§ Lapangan takraw
§ Buku
F. Lembar
penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Melakuan teknik dasar servis atau sepak mula
pada sepak takraw dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok.
|
Kognitif
Afektif
Psikomotor
|
Lakukan teknik dasar servis atau sepak mula
|
-
Jelaskan
cara melakukan teknik dasar servis
atau sepak mula pada sepak takraw yang benar!
-
Posisi
tubuh pada saat melakukan servis mula adalah?
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
r
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
r
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
G. Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
|
|
Ketapang, 1 Februari
2012
|
Guru Pamong
Idris Thalail, S. Pd. I
NIP. 19770905
200312 1 001
|
|
Mahasiswa
Rahmad Firdaus
NIM : 420901148
|
|
Mengetahui
|
|
Kepala Sekolah
S.
Zulkarnain, S.Pd.
NIP. 19980531 200501 1 003
|
|
Dosen Pembimbing
Drs. H. Kaswari, S.Pd, M.Pd
NIP. 19521225 167603 1 010
|
0 komentar:
Posting Komentar