RPP Penjaskes (Bulu Tangkis)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        : Sekolah Menengah Atas
Mata pelajaran             : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan ( Penjasorkes )
Kelas                           : XI ( sebelas )
Semester                      : 1 ( satu )
Alokasi waktu              : 2 x 45 menit


Standar Kompetensi              :    Mempraktikan gerak dasar salah satu cabang olahraga                                                                                            dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar                :    Mempraktikan salah satu gerak dasar dalam cabang                                                                                   olahraga bulu tangkis.
Indikator                               :    Melakukan teknik dasar smash.

A.        Tujuan pembelajaran
Peserta didik mampu  :
1.      Melakukan gerak dasar smash
2.      Mengetahui fungsi dan waktu yang tepat untuk melakukan smash.
3.      Melakukan smash

B.        Materi pembelajaran
Smash

C.        Tujuan pembelajaran
1.      Model pembelajaran
a.       Direct instruksional
b.      Cooperative learning
2.      Metode
a.       Demonstrasi
b.      Praktik lapangan

D.        Langkah-langkah kegiatan
a.       Kegiatan Awal
1.      Berbaris, berdoa, absensi, apersepsi, & motifasi
2.      Pemanasan
-     Lari keliling lapangan 3x.
-     Straching statis
-     Straching dinamis


b.      Kegiatan Inti
1.      Siswa melakukan gerakan smash tanpa raket dan bola




















Keterangan     :     X   =    Guru
                             O   =    Siswa

Siswa dibariskan menjadi 2 berbanjar dan di beri jarak. Kemudian semua siswa seolah-olah melakukan gerakan smash tanpa menggunakan raket dan bola.

2.      Siswa melakukan gerakan smash dengan raket dan tanpa menggunakan bola.




















Keterangan     :     X   =    Guru
                             O   =    Siswa

Masih dengan formasi yang sama tapi melakukan gerakan dengan menggunakan raket dan tanpa bola.

3.      Siswa melakukan gerakan smash dengan menggunakan raket dan bola.




















Keterangan     :     X   =    Guru
                             O   =    Siswa
Siswa melakukan gerakan smash secara bergantian dengan menggunakan raket dan bola


        4.     Kegiatan Penutup
1         Pendinginan
1.      Evaluasi
2.      Bubar

E.          Sumber Dan Alat Belajar
1.      Pendinginan
2.      Raket
3.      Cock ( bola )
4.      Lapangan







 F.    Penilaian
        1. Teknik penilaian :
-       Tes untuk kerja (Pisikomotor)
                             Lakukan smash secara baik dan benar
                             Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas kerja peserta ujian, dengan retang nilai antara 1 sampai dengan 4.

                        Jumlah skor yang dieroleh
NILAI =  ----------------------------------------------- X 60
Jumlah skor maksimal

-                                                                 Pengamatan sikap (Afeksi)
Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu kelompok dan tunjukan perilaku sportif.
Keterangan:
Berikan tanda ( *) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di beri tanda mendapat nilai 1.


Jumlah skor yang dieroleh
NILAI =  ----------------------------------------------- X 40
Jumlah skor maksimal



SIKAP NILAI AKHIR = UNTUK KERJA + PENGAMATA 


2. Rubik Penilaian

RUBIK PENILAIAN
UNTUKKERJA TEKHNIK SMASH DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS


ASPEK YANG DINILAI
Kualitas Gerak
1
2
3
4
1.        Menempatkan Posisi badan di belakang kok
2.        Tangan berada di belakang kepala dengan sedikit power atau kekuatan.
3.        Kok di pukul diatas kepala dengan mengayunkan raket kedepan lurus.
4.        Apabila raket menyentuh kok , lanjutkan gerakan memukul sehingga raket berada didepan
5.        Arah kok setelah di pukul




JUMLAH




JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 20





RUBIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM MELAKUKAN TEKHNIK SMASH DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS

PERILAKU YANG DIHARAPKAN
TANDA
1. Dapat melakukann pukulan smash

2. Dapat mentaati peraturan yang disepakati

3. Menunjukan sikap sungguh-sungguh dalam melakuka pukulan smash

JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 9

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

FOLLOW & LIKE DULU GAN!



[X] CLOSE
+Gett

About