RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester : X / Genap
Pokok Bahasan : Lari Jarak Pendek
Sub Pokok Bahasan : Teknik Start, Lari Dan Memasuki Finish
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan : 1 (satu)
2.Standar Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
3.Kompetensi Dasar
Mempraktikan ko mbinasi teknik da sar salah satu permainan dan olah raga lanjutan dengan baik serta nilai kerjasama , toleransi , percaya diri, keberanian, menghargai lawan,bersedia berbagi tempat dan peralatan *
4.Indikator Pencapaian Kompetensi
a. Melakukan teknik dasar start jongkok, dengan benar
b. Melakukan kombinasi tehnik dasar strat, lari dan finish, dengan benar
c. Melakukan lomba lari jarak pendek, dengan benar
5.Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan teknik dasar start jongkok, dengan benar
b. Siswa dapat melakukan kombinasi tehnik dasar strat, lari dan finish, dengan benar
c. Siswa dapat melakukan lomba lari jarak pendek, dengan benar
6. Materi Pembelajaran
Lari jarak Pendek
1. Teknik dasar start jongkok
2. Kombinasi tehnik dasar strat, lari dan finish
3. Lomba lari jarak pendek dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai disiplin, percaya diri dan kejujuran
7. Alokasi Waktu Materi
No.
|
Materi
|
Waktu
|
1
|
Teknik Start jongkok
|
15 menit
|
2
|
Teknik start,lari dan finish
|
15 menit
|
3
|
Lomba lari dengan dimodifikasi
|
20 menit
|
8. Metode Pembelajaran
No.
|
Materi
|
Metode
|
1
|
Teknik Start jongkok
|
Demonstrasi dan penugasan
|
2
|
Teknik start,lari dan finish
|
Demonstrasi dan penugasan
|
3
|
Lomba lari dengan dimodifikasi
|
Latihan dan penugasan
|
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
· Preparasi/persiapan
§ Siswa di bariskan
§ Mengabsen siswa
§ Pemanasan dan berdoa
· Apresiasi tidak ada
· Motivasi
Menjelaskan manfaat dari lari jarak pendek
Inti Pembelajaran (70 Menit)
a. Eksplorasi (10 Menit)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Memperaktekkan teknik Start jongkok
2. Mempraktekkan Teknik start,lari dan finish
3. Menjelaskan cara lomba lari dengan peraturan modifikasi
b. Elaborasi (50 Menit)
1. Melakukan teknik Start jongkok
2. Melakukan teknik start,lari dan finish
3. Berlomba lari dengan peraturan modifikasi
Gambar : start jongkok
c. Konfirmasi (10 Menit)
· Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
· Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan
· Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran (10 Menit)
· Motivasi
Memberikan Pujian kepada siswa yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
· Preparasi
§ Memberikan kesempatan untuk bertanya
§ Memberi rangkuman
§ Memberi penjelasan singkat tentang materi
§ Siswa melakukan pendinginan
§ Berdoa
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |
Psikomotor
· Melakukan tehnik dasar start jongkok mengunakan aba-aba (bersedia, siap,ya/go)
· Melakukan kombinasi tehnik dasar strat, lari dan finish
· Melakukan lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
Kognitif
· Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar start jongkok mengunakan aba-aba, teknik lari dan finish
Afektif
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukan teknik start jongkok ,lari dan finish
Pendaratan telapak kaki yang benar saat lari jarak jarak pendek, adalah .
Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan teknik dasar lari jarak pendek
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 50
Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Lakukan teknik dasar lari jarak pendek dengan peraturan yang telah dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal
- Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam teknik dasar lari jarak pendek
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
|
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR LARI JARAK PENDEK
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
1. Gerakan lengan diayun depan belakang di atas pinggang
2. Gerakan kaki cepat
3. Pendaratan telapak kaki menggunakan ujung telapak kaki
4. Posisi badan condong ke depan
| ||||
JUMLAH
| ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM LARI JARAK PENDEK
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1. Bekerja sama dengan teman dalam melakukan kegiatan
| |
2. Toleransi/menghargai lawan
| |
3. Percaya diri/keberanian( bersungguh-sungguh dalam bermain)
| |
4. Bersedia berbagi tempat dan peralatan
| |
Jumlah
| |
Jumlah Skor Maksimal = 100
| |
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP LARI JARAK PENDEK
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
1. Bagaimana pendaratan telapak kaki lari jarak pendek?
2. Bagaimana posisi gerakan lengan yang benar pada saat melakukan lari jarak pendek?
3. Bagaimana posisi badan yang benar pada saat melakukan lari jarak pendek ?
| ||||
JUMLAH
| ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100
|
11. Sumber Belajar
- Ruang terbuka yang datar dan aman
- Bendera start dan finish
- Buku teks
- Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X,
- Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Mengetahui Guru
Kepala Sekolah Mata Pelajaran
(………………………………) (………………………………)
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar