RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.Identitas Sekolah
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga
Kelas/Semester : X / Genap
Pokok Bahasan : Kesehatan
Sub Pokok Bahasan : Budaya Hidup Sehat
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan : 1 (satu)
2.Standar Kompetensi
Menerapkan budaya hidup sehat
3.Kompetensi Dasar
1. Melakukan identifikasi berbagai bahaya kebakaran
2. Melakukan cara menghindari bahaya kebakaran
4.Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Melakukan identifikasi berbagai bahaya kebakaran dengan benar
2. Melakukan cara-cara menghindari bahaya kebakaran dengan benar
5.Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan identifikasi berbagai bahaya kebakaran dengan benar
2. Siswa dapat melakukan cara-cara menghindari bahaya kebakaran dengan benar
6. Materi Pembelajaran
Kesehatan
· Identifikasi berbagai bahaya kebakaran
· Cara-cara menghindari bahaya kebakaran dengan benar
7. Alokasi Waktu Materi
No.
|
Materi
|
Waktu
|
1
|
Identifikasi berbagai bahaya kebakaran
|
25 menit
|
2
|
Cara-cara menghindari bahaya kebakaran dengan benar
|
25 menit
|
8. Metode Pembelajaran
No.
|
Materi
|
Metode
|
1
|
Identifikasi berbagai bahaya kebakaran
|
Demonstrasi dan penugasan
|
2
|
Cara-cara menghindari bahaya kebakaran dengan benar
|
Demonstrasi dan penugasan
|
9. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 Menit)
· Preparasi/persiapan
§ Siswa di bariskan
§ Mengabsen siswa
§ Pemanasan dan berdoa
· Apresiasi tidak ada
· Motivasi
Menjelaskan manfaat dari permainan tenis meja
Inti Pembelajaran (70 Menit)
a. Eksplorasi (10 Menit)
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Melakukan identifikasi berbagai bahaya kebakaran dan cara menghindari bahaya kebakaran, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
· Melakukan identifikasi berbagai bahaya kebakaran, dilakukan di luar jam belajar ( berpasangan / kelompok )
· Melakukan cara menghindari bahaya kebakaran, dilakukan di luar jam pelajaran ( berpasangan / kelompok )
b. Elaborasi (50 Menit)
1. Siswa dapat melakukan identifikasi berbagai bahaya kebakaran dengan benar
2. Siswa dapat melakukan cara-cara menghindari bahaya kebakaran dengan benar
c. Konfirmasi (10 Menit)
· Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
· Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan
· Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan
Penutup Pembelajaran (10 Menit)
· Motivasi
Memberikan Pujian kepada siswa yang sudah memahami materi dan dorongan kepada siswa yang belum memahami materi
· Preparasi
§ Memberikan kesempatan untuk bertanya
§ Memberi rangkuman
§ Memberi penjelasan singkat tentang materi
§ Siswa melakukan pendinginan
§ Berdoa
10. Penilaian Pembelajaran
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |
Aspek Psikomotor
· Melakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka)
Aspek Kognitif
· Mengetahui peyebab kebakaran
Aspek Afektif
· Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, dan kebersihan
Aspek Psikomotor
· Identifikasi cara pencegahan bahaya kebakaran
Aspek Kognitif
· Mengetahui cara menghindari bahaya kebakaran
Aspek Afektif
· Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan dan kebersihan
|
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
Tes praktik
(Kinerja)
Tes tertulis
Tes
observasi
|
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
Tes Contoh Kinerja
Pilihan ganda/uraian singkat
Lembar observasi
|
Lakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka)
Lembar soal terlampir
Sebutkan peyebab kebakaran !.
Kerjasama, kekompakan dan kedisiplinan !.
Lakukanidentifikasi cara pencegahan bahaya kebakaran
· Sebutkan cara menghindari bahaya kebakaran !
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan dan kebersihan
|
Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan identifikasi berbagai bahaya kebakaran dan cara-cara menghindari bahaya kebakaran
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 50
Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi):
Melakukan identifikasi berbagai bahaya kebakaran dan cara-cara menghindari bahaya kebakaran untuk menanamkan nilai kehati-hatian, peka terhadap lingkungan, kerjasama
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal
- Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai identifikasi berbagai bahaya kebakaran dan cara-cara menghindari bahaya kebakaran
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
Nilai akhir yang diperoleh siswa =
Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
|
2. Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA IDENTIFIKASI DAN CARA MENGHINDARI KEBAKARAN
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Unjuk Kerja
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
Identifikasi kebakaran
1.Terdapat benda/zat yang mudah terbakar
2. Instalasi listrik sudah usang/pemasangan kabel tidak tepat
3. Adanya pembakaran sampah yang sembarang
4.Masih terdapat rumah penduduk yang berdinding bilik/gedeg
| ||||
Cara menghindari kebakaran
5. Menghindari menyimpan benda/zat yang mudah terbakar
6. Tidak melakukan pembakaran sampah sembarang
7. Tidak melakukan pemasangan listrik tanpa izin PLN
| ||||
JUMLAH
| ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100
|
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM KEGIATAN IDENTIFIKASI DAN CARA MENGHINDARI KEBAKARAN
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
1. Kerjasama (saling membantu )
| |
2. Kehati-hatian (teliti dalam melakukan pengamatan)
| |
3. Peka terhadap lingkungan (peduli dengan kondisi lingkungan)
| |
JUMLAH
| |
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100
| |
RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP DALAM RANGKAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| |
1. Bagaimana identifikasi kamu terhadap POM bensin dengan bahaya kebakaran ?
| ||||
2. Bagaimana upaya untuk mencegah kebakaran di rumah kamu ?
| ||||
JUMLAH
| ||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 100
|
11. Sumber Belajar
· ATK
· Ruang terbuka
· Buku teks
· Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas X,
· Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Mengetahui Guru
Kepala Sekolah Mata Pelajaran
(………………………………) (………………………………)
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar