RPP Atletik (lari jarak pendek)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
:   Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ketapang
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester
:  VIII / Ganjil
Pertemuan ke
:   1
Alokasi Waktu
:   2 x 40 menit
Standar Kompetensi : Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar     : Mempraktikkan   teknik dasar olahraga atletik lanjutan dengan  koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Indikator                    :
·      Melakuan teknik dasar star jongkok menggunakan aba – aba (bersedia, siap, ya/go).
·      Melakukan kombinasi teknik dasar start, lari dan finis.
·      Melakukan lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi.
A.    Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat melakukan kombinasi teknik dasar start secara berpasangan atau berkelompok.
2.      Melakukan lomba lari jarak pendek dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya diri dan kerja sama.

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                  Keberanian ( Bravery )
B.     Materi Ajar (Materi Pokok):
Start adalah suatu persiapan awal seseorang pelari akan melakukan gerakan berlari. Untuk nomor jarak pendek, start yang dipakai adalah start jongkok (Crouch Start) sedangkan untuk jarak menengah dan jauh menggunakan start berdiri (Standing Start).
Tujuan utama start dalam lari jarak pendek, lari estafet/sambung, dan lomba lari gawang adalah untuk mengoptimalisasikan pola lari percepatan. Si pelari harus dapat mengatasi kelembaman/inertia dengan menerapkan daya maksimum terhadap start block sesegera mungkin setelah tembakan pistol start atau aba-aba dari starter dan bergerak ke dalam suatu posisi optimum untuk tahap lari percepatan.
Adapun posisi badan saat aba-aba tersebut di atas sebagai berikut:
a.       Setelah starter memberikan aba-aba "bersedia" maka pelari akan menempatkan kedua kaki dalam menyentuh block depan dan belakang; lutut kaki belakang diletakkan di tanah, terpisah selebar bahu lebih sedikit, jari-jari tangan membentuk huruf “V” terbalik, dan kepala dalam keadaan datar dengan punggung, sedangkan pandangan mata menatap lurus ke bawah.


 

b.      Setelah aba-aba "siaaap", seorang pelari akan menempatkan posisi badan sebagai berikut. Lutut ditekan ke belakang; lutut kaki ke depan ada dalam posisi membentuk sudut siku-siku (90˚); lutut kaki belakang membentuk sudut antara 120˚ – 140˚; dan pinggang sedikit diangkat tinggi dari bahu, tubuh sedikit condong ke depan, serta bahu sedikit lebih maju ke depan dari ke dua tangan.


 

c.       Yaaaak (bunyi pistol) atau drive. Gerakan yang akan dilakukan pelari setelah aba-aba yaaaak/bunyi pistol adalah badan diluruskan dan diangkat pada saat kedua kaki menolak/menekan keras pada start-block; kedua tangan diangkat dari tanah bersamaan untuk kemudian diayun bergantian; kaki belakang mendorong kuat/singkat, dorongan kaki depan sedikit tidak tidak namun lama; kaki belakang diayun ke depan dengan cepat sedangkan badan condong ke depan; lutut dan pinggang keduanya diluruskan penuh pada saat akhir dorongan.


 

C.    Metode Pembelajaran:
§  Ceramah
§  Demonstrasi
§  Praktek
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
  • Kegiatan Awal:
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
F Memberi motivasi awal
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan gerakan aba – aba start jongkok
F Melakukan gerakan finis
F Melakukan koordinasi gerak start, lari, finis dengan baik dan benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memfasilitasi peserta didik dengan sarana dan prasarana yaitu lintasan lari
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan- gerakan
F Memberi motivasi akhir
F Melakukan gerakan pendinginan
F Berdo’a
F Membubarkan barisan
E.     Alat dan Sumber Belajar:
§  Tali rapia
§  Lintasan lari / lapangan
F.     Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Melakuan teknik dasar star jongkok menggunakan aba – aba (bersedia, siap, ya/go). dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok.
Kognitif
Afektif
Psikomotor
Lakukan teknik dasar star jongkok menggunakan aba – aba (bersedia, siap, ya/go).
-       Jelaskan teknik dasar star jongkok menggunakan aba – aba (bersedia, siap, ya/go). yang benar!
-       Pandangan mata pada saat star adalah?
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
r  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
r  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
2.
3.
Pengetahuan
Praktek
Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
  
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
G.    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Ketapang, 1 Februari 2012
Guru Pamong
Idris Thalail, S. Pd. I
NIP. 19770905 200312 1 001
Mahasiswa
Rahmad Firdaus
NIM : 420901148
Mengetahui
Kepala Sekolah
S. Zulkarnain, S.Pd.
NIP. 19980531 200501 1 003
Dosen Pembimbing
Drs. H. Kaswari, S.Pd, M.Pd
NIP. 19521225 167603 1 010

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

FOLLOW & LIKE DULU GAN!



[X] CLOSE
+Gett

About