RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
|
: Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ketapang
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas / Semester
|
: VIII
/ Ganjil
|
Pertemuan ke
|
: 1
|
Alokasi Waktu
|
: 2 x 40 menit
|
Standar Kompetensi : Mempraktikan berbagai teknik dasar
permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : Mempraktikkan
teknik dasar olahraga atletik lanjutan dengan koordinasi yang baik serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
Indikator :
·
Melakuan teknik dasar star jongkok menggunakan aba – aba (bersedia, siap,
ya/go).
·
Melakukan kombinasi teknik dasar start, lari dan finis.
·
Melakukan
lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi.
A. Tujuan
Pembelajaran:
1. Siswa dapat melakukan
kombinasi teknik dasar start secara berpasangan atau berkelompok.
2. Melakukan lomba lari
jarak pendek dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai percaya
diri dan kerja sama.
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B.
Materi Ajar (Materi Pokok):
Start adalah suatu persiapan awal seseorang pelari akan
melakukan gerakan berlari. Untuk nomor jarak pendek, start yang dipakai adalah
start jongkok (Crouch Start)
sedangkan untuk jarak menengah dan jauh menggunakan start berdiri (Standing Start).
Tujuan utama start dalam lari jarak pendek, lari
estafet/sambung, dan lomba lari gawang adalah untuk mengoptimalisasikan pola
lari percepatan. Si pelari harus dapat mengatasi kelembaman/inertia dengan
menerapkan daya maksimum terhadap start
block sesegera mungkin setelah tembakan pistol start atau aba-aba dari starter dan bergerak ke dalam suatu
posisi optimum untuk tahap lari percepatan.
Adapun posisi badan saat aba-aba tersebut di atas
sebagai berikut:
a.
Setelah
starter memberikan aba-aba "bersedia" maka pelari akan
menempatkan kedua kaki dalam menyentuh block depan dan belakang; lutut kaki
belakang diletakkan di tanah, terpisah selebar bahu lebih sedikit, jari-jari
tangan membentuk huruf “V” terbalik, dan kepala dalam keadaan datar dengan
punggung, sedangkan pandangan mata menatap lurus ke bawah.
b.
Setelah
aba-aba "siaaap", seorang pelari akan menempatkan
posisi badan sebagai berikut. Lutut ditekan ke belakang; lutut kaki ke depan
ada dalam posisi membentuk sudut siku-siku (90˚); lutut kaki belakang membentuk
sudut antara 120˚ – 140˚; dan pinggang sedikit diangkat tinggi dari bahu, tubuh
sedikit condong ke depan, serta bahu sedikit lebih maju ke depan dari ke dua
tangan.
c.
Yaaaak (bunyi pistol) atau drive. Gerakan yang akan dilakukan pelari
setelah aba-aba yaaaak/bunyi pistol adalah badan diluruskan dan diangkat pada
saat kedua kaki menolak/menekan keras pada start-block; kedua tangan
diangkat dari tanah bersamaan untuk kemudian diayun bergantian; kaki belakang
mendorong kuat/singkat, dorongan kaki depan sedikit tidak tidak namun lama;
kaki belakang diayun ke depan dengan cepat sedangkan badan condong ke depan;
lutut dan pinggang keduanya diluruskan penuh pada saat akhir dorongan.
C. Metode
Pembelajaran:
§
Ceramah
§
Demonstrasi
§
Praktek
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
- Kegiatan Awal:
F Siswa dibariskan
menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran
siswa
F Menegur siswa yang
tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan
pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi
inti yang akan dilakukan/dipelajari
F Memberi motivasi awal
- Kegiatan Inti:
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan gerakan aba
– aba start jongkok
F Melakukan gerakan finis
F Melakukan koordinasi
gerak start, lari, finis dengan baik dan benar.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Memfasilitasi peserta didik dengan sarana dan prasarana yaitu lintasan lari
F Memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa di kumpulkan
mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/
diajarkan
F Memperbaiki tentang
kesalahan-kesalahan gerakan- gerakan
F Memberi motivasi
akhir
F Melakukan gerakan
pendinginan
F Berdo’a
F Membubarkan barisan
E. Alat dan Sumber
Belajar:
§ Tali rapia
§ Lintasan lari /
lapangan
F. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Melakuan teknik dasar star jongkok menggunakan
aba – aba (bersedia, siap, ya/go). dengan
koordinasi yang baik secara
berpasangan atau kelompok.
|
Kognitif
Afektif
Psikomotor
|
Lakukan teknik dasar star
jongkok menggunakan aba – aba (bersedia, siap, ya/go).
|
-
Jelaskan
teknik dasar star jongkok
menggunakan aba – aba (bersedia, siap, ya/go). yang
benar!
-
Pandangan
mata pada saat star adalah?
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
r
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
r
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
G. Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
|
|
Ketapang, 1 Februari
2012
|
Guru Pamong
Idris Thalail, S. Pd. I
NIP. 19770905
200312 1 001
|
|
Mahasiswa
Rahmad Firdaus
NIM : 420901148
|
|
Mengetahui
|
|
Kepala Sekolah
S.
Zulkarnain, S.Pd.
NIP. 19980531 200501 1 003
|
|
Dosen Pembimbing
Drs. H. Kaswari, S.Pd, M.Pd
NIP. 19521225 167603 1 010
|
0 komentar:
Posting Komentar