RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
|
:
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan
|
Kelas / Semester
|
:
|
Pertemuan ke
|
:
|
Alokasi Waktu
|
:
|
Standar Kompetensi : Mempraktikkan
berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya.
Kompetensi Dasar : Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan
olahraga beregu bola besar lanjutan dengan
koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Indikator :
·
Melakuan teknik dasar _________ dengan koordinasi
yang baik secara berpasangan atau
kelompok.
A. Tujuan
Pembelajaran:
1.
Siswa dapat melakukan gerakan _______ dengan koordinasi
yang baik secara berpasangan atau berkelompok.
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
B. Materi Ajar
(Materi Pokok):
(berisi penjelasan tentang bahan pelajaran yang
akan kita ajarkan kepada peserta didik)
C. Metode
Pembelajaran:
(berisi metode
yang akan kita pergunakan ketika mengajar)
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
- Kegiatan Awal:
- Siswa dibariskan menjadi empat barisan
- Mengecek kehadiran siswa
- Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
- Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
- Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
- Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Melakukan gerakan
- Mendemonstrasikan gerakan
- Melakukan koordinasi gerak
- Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
- Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
- Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
- Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
- Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
- Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
- Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan- gerakan renang
- Berdo’a
- Membubarkan barisan
E. Alat dan Sumber
Belajar:
(sumber belajar dapat berupa buku, alat
praktek seperti bola, net, atau alat olahraga yang lain, dapat juga berupa
prasarana)
F. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
|
|
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
r Produk ( hasil diskusi
)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
r Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Ketapang, _______
2012
Kepala Sekolah Guru Mapel Penjaskes
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
0 komentar:
Posting Komentar